1 Sep 2014

Jamuan Allah dalam Miracle the Reference




Oleh : Irma Irawati
Berbahagialah kita, sebagai umat yang mendapat undangan dari Allah untuk menikmati jamuanNya. Jamuan itu adalah al-Qur’an, yang bisa kita nikmati sepuasnya dari berbagai sisi. Jamuan yang tak akan pernah habis. Semakin dinikmati, akan semakin berlimpah lah nikmat yang ingin kita reguk. Satu huruf yang kita cicipi, akan mengantarkan kita untuk mengerti satu kata. Satu kata yang kita ambil, membuat kita tergiur untuk memaknai satu ayat. Demikian terus selanjutnya. Sampai membawa kita untuk  terus menggali kedalaman maknanya.
Mulai dari tertatih mengeja alif ba ta, lalu bergembira ketika bisa menyambung bacaan dalam satu ayat, lebih bergembira lagi ketika dari bibir kita mengalir ayat demi ayat, hingga bisa menuntaskan satu halaman disertai rasa yang nikmat karena telah berdialog dengan surat cintaNya. Kemudian merasa tak cukup hanya dengan melisankan ayat-ayatnya hanya di bibir saja, tapi juga ingin menghujamkan makna nya ke dalam sanubari hingga lambat laun jiwa kita merasa disiram air kesejukan. Sudah merasa cukup sampai di situ? Ternyata tidak, selanjutnya kita malah semakin dahaga untuk memaknai kedalam makna ayat-ayatNya, keindahan yang tersurat dan tersirat dari indah kata-kataNya. Kita pun kembali ingin menelusuri, di saat apa Allah mengatakan ayat  ini? Apa maksud yang tersimpan di dalamnya? Adakah kaitan ayat ini dengan ayat lainnya, dan terus berlanjut sehingga kita tak akan pernah berhenti menikmati jamuanNya.
Seperti itulah manusia, sehingga Allah merancang skenario untuk mengamanahkan Al-Qur’an ini pada Adam dan keturunannya. Berulang-ulang Allah menyebut  bahwa manusia adalah makhluk yang  berfikir, ulul albab, karena hanya manusia lah yang diberi akal untuk terus mengkaji dan mengaji. Manusia adalah hayawaanun naatiq (hewan yang berakal), yang dengan kemampuannya itulah ia sanggup memikul amanah berat berupa Al-Qur’an ini, di saat gunung-gunung, Langit serta bumi langsung angkat tangan karena tak sanggup memikulnya.
Sesungguhnya Kami telah menawarkan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung; tetapi semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir tidak akan melaksanakannya (berat), lalu dipikullah amanat itu oleh manusia.
Sungguh, manusia itu sangat dzalim dan sangat bodoh

(QS al-Ahzab [33]: 72)
Hanya manusia yang merasa sanggup? Ya, Allah tak semata-mata menitipkannya kepada manusia. Karena manusia diberi akal dan hati. Kedua indra itu lah yang akan menjadi senjata manusia untuk terus mencari dan mencari hingga menemukan jalan untuk mendekat pada Tuhannya.
Kesanggupan itu harus direalisasikan dengan mengikuti pedoman berupa Al-Qur’an. Ia ibarat peta yang akan menunjukkan arah perjalanan. Karena itu, tak cukup hanya mengeja huruf demi hurufnya, melafalkan kalimat demi kalimatnya, menggulirkan ayat demi ayatnya di bibir saja, melainkan harus terus dikaji sampai ke dalamnya. Dan untuk mewujudkan semua itu, saya kira al-Qur’an terbitan Syaamil Qur’an yang diberi nama MIRACLE THE REFERENCE lah yang akan membantu kita. 

Kenapa?
Karena di dalamnya, kita tak hanya menemukan barisan ayat. Tapi kita akan dituntun untuk memahami keajaiban al-Qur’an. Tak salah memang, jika al-Qur’an ini diberi nama MIRACLE THE REFERENCE, dan memiliki tag line “22 keunggulan yang  memudahkan dalam al-Qur’an dengan referensi yang shahih, lengkap dan konfrehensif”. Karena memang demikianlah adanya.

Di dalamnya, kita  akan mendapatkan 22 manfaat sekaligus yang kesemuanya itu dirangkum dalam satu kemasan utuh Miracle the Reference. Inilah 22 manfaat yang akan  kita
  • Terjemah Tafsiriyah Perkata,   
Al-Qur’an terjemah tafsiriyah kata per kata yang menampilkan arti setiap kata dalam Al-Qur’an (dalam bahasa Indonesia) yang diletakkan tepat di bawah kata-kata tersebut.

  • Keyword (Blocking Ayat)
Keyword yang dimaksud adalah blocking ayat atau pewarnaan dengan blok pada ayat-ayat dalam al quran Terjemah Tafsiriyah Per Kata yang berfungsi sebagai kata kunci bahwa ayat-ayat yang diblok tersebut akan dibahas pada materi-materi pada halaman sebelahnya.

  • Sistem Pembacaan Tajwid
Metode pewarnaan tajwid yang digunakan oleh Syaamil Al-Qur’an merupakan metode yang praktis dan sistematis karena alasan berikut:
    1. Menggunakan khat Rasm Utsmani yang indah dan rapi.
    2. Pewarnaan tajwid hanya menggunakan 4 warna (biru, merah, hijau & hitam).
    3. Masing-masing warna tersebut memiliki fungsi yang berbeda.
    4. Warna yang relatif sedikit memudahkan aplikasi baca sesuai ilmu tajwid.
    5. Pewarnaan tajwid tersebut menggunakan prinsip-prinsip Quantum Learning.
  • Panduan Hukum Tajwid
Panduan hukum tajwid ini diletakkan pada setiap halaman tepat di bawah khat Al Quran. Hal ini mempermudah kita saat melihat kembali aturan tajwid sehingga dapat membaca Al Quran secara tartil sesuai contoh Rasulullah saw.
  • Terjemah Lengkap Departemen Agama
 Versi terbaru terjemahan al-Qur’an resmi Departemen Agama RI sebagai rujukan utama penerjemahan Al-Qur’an. Terjemahan ini betul-betul  memberikan kemudahan bagi kita untuk menangkap makna dari setiap ayat yang dibaca.
  • Munasabah Ayat/Surat
 Materi munasabah ayat dan surah menerangkan hubungan antara ayat yang satu dengan ayat lainya, atau antar surah. Dengan menggunakan referensi tafsir Kementrian Agama RI.  Munasabah ayat dan surah juga dijelaskan secara spesifik dan sederhana.
  • Tafsir Ath-Thabari
Tafsir At Tabari adalah kitab tafsir paling lengkap, paling tua, dan paling polpuler di kalangan ulama dan pencari ilmu, ditulis oleh Imam Muhammad (Abu Ja’far) bin Jarir At Tabari (838 – 923 M), ulama asal Tabaristan (Persia). Karya ini aslinya berjudul Jami Al-Bayan “An Ta’wil Ay Al-Qur’an, tetapi lebih populer sebagai Tafsir Ath Thabari.
  • Tafsir Ibnu Katsir
Dalam bidang tafsir Al Qur’an, nama Ibnu Katsir yang terkenal sebagai penulis kitab Tafsir Ibnu Katsir sudah tidak asing lagi di kalangan ummat islam karena kitab tafsirnya menjadi salah satu karya penting, agung, dan paling sering digunakan dalam dunia Islam.
  • Hadits Sahih
Materi Hadits Sahih pada dasarnya merupakan penjelasan lain untuk memperkuat pemahaman ayat-ayat terkait. Demi menjaga kesahihan Materi Hadis, digunakan dua kitab hadits riwayat Al Bukhari dan Muslim. Materi Hadits Shahih ini diletakkan di bawah Materi Tafsir Ibnu Katsir dengan blok warna cokelat muda.
  • Do’a dan Dzikir
Syaamil Al Quran Miracle the Reference ini menghadirkan doa-doa dan zikir-zikir sebagai bahan pendekatan kita kepada Allah swt. Beberapa referensi yang digunakan adalah Al Adzkar Al Muntakhabah min Kalami Sayyidil Abrar, Shahih Muslim Syarh Imam Nawawi, dan Riyadusshalihin, yang merupakan karya-karya monumental Imam nawawi.
  • Kosakata
Kosakata merupakan penopang agar masyarakat bisa memahami ayat al-Qur’an melalui penggalan-penggalannya. Dalam penggalan dan penjelasan kosa kata, Syaamil al Quran Miracle fhe Reference ini bersandar kepada karya Abu Yahya Muhammad bin Shumadih At-Tujaiby yang telah menyusun mutiara kata dari ayat, sedang penjelasannya diambil dari Mukhtasar Ath-Thabari.
  • Asbabunnuzul
Sumber rujukan utama penyusunan asbabunnuzul ini adalah kitab Lubabunnuqul Fi Asbabinnuzul karya Imam Jalaluddin As-Suyuthi dan Kitab Asbabunnuzul Al-Wahidi. Dilengkapi pula dengan rujukan Asbabunnuzul (Studi Pendalaman Al-Qur’an) karya A Mujab Mahali.
  • Doa Dalam Al Quran
Al-Qur’an adalah kalam Allah sebagai pedoman bagi manusia. Di dalamnya mengandung doa-doa yang diajarkan langsung oleh Allah untuk kita. Syaamil al Quran Miracle fhe Reference ini menjelaskannya melalui penjelasan tafsiri sehingga memudahkan kita untuk memahami isi doa-doa tersebut. Dilengkapi dengan judul doa dan penjelasan berdasarkan tafsir Al Misbah Al Munir fi Tahzib Tafsir Ibnu Kasir.
  • Khazanah Pengetahuan
Khazanah pengetahuan berisi bukti-bukti kemukjizatan Al Quran yang dijelaskan secara sederhana sebagai kemudahan bagi kita untuk memahami keagungan Al Quran Berisi penjelasan ringkas mengenai ayat-ayat tentang ibadah, hukum-hukum, sejarah, tanda-tanda kebesaran Allah, tempat bersejarah, tokoh, dan wawasan keislaman lainnya.

  • Tanda-tanda Dalam Al Quran
Tanda-tanda Dalam Al Quran merupakan materi tambahan yang berisi tentang tanda-tanda waqaf, penjelasan tentang ayat sajdah, tanda-tanda sifir, serta penjelasan singkat tentang ayat-ayat gharibah. Selain itu dijelaskan juga struktur atau bagian-bagian dalam Al Quran yang meliputi surah, ayat, juz, hizb, ruku’ dan manzil, juga berbagi tips-tips menarik seputar Al Quran.
  • Asmaul Husna Effects
Asmaul Husna Effects berusaha mengungkap keindahan dibalik nama-nama Allah. materi ini adalah sebuah panduan sederhana yang akan menemani kita berzikir, mengarahkan kita dalam menjalani hidup di bawah naungan nama-nama indah-Nya, serta menuntun kita menggapai kesuksesan dunia akhirat. In syaa Allah melalui asmaul husna ini, kita akan menemukan segera efek kedahsyatan pengamalan Asmaul Husna dalam diri kita.

  • Indeks Tematik
Susunan indeks tematik berdasarkan empat tema pokok Al Quran, yaitu akidah, akhlak, syariah, dan sirah (kisah). Keempat tema pokok tersebut kemudian diklasifikasikan ke dalam 15 (lima belas) bagian, yaitu arkanul islam, iman, Al Quran, ilmu, amal, dakwah, jihad, manusia, akhlak, harta, hukum, kemasyarakatan, pertanian dan perdagangan, sejarah (kisah),dan agama-agama.
  • Sirah Nabawiyah
Sirah nabawi ini berisi kisah-kisah penuh hikmah dalam perjalanan hidup dan dakwah Rasulullah saw. Disusun secara sederhana berdasarkan konteks yang lebih masyhur dan referensi yang kuat, yaitu Syafiyurrahman Al Mubarakfury (Sirah nabawiyah), Abul Hasan Ali Al Hasani An Nadwi (As Sirah An Nabawiyah), dan H.M. Iwan Gayo (Buku Pintar haji dan Umrah).
  • Atlas Perjalanan Hidup dan Dakwah Rasulullah SAW
Atlas ini merupakan kumpulan peta atau tempat bersejarah perjalanan hidup dan dakwah Rasulullah saw. yang disusun secara sitematis sejak Rasulullah saw. lahir sampai beliau wafat. Lembar atlas perjalanan hidup dan dakwah Rasulullah saw sengaja kami jadikan suplemen bonus terpisah untuk menghindari persepsi tentang pencantuman gambar dalam Al Quran.
  • Analisis Peta
Analisis peta berisi penjelasan spesifik tentang atlas. Analisi peta ini menyatu denganmateri “Sirah nabawi” dan “Atlas Perjalanan Hidup dan Dakwah Rasulullah saw.” yang diletakkan satu spread sehingga memudahkan kita dalam memahami korelasi tema dan pemahaman konten sejarah.
  • Dzikir Al ma’tsurat
Al-Ma’tsurat merupakan kumpulan wirid yang terdiri dari ayat-ayat pilihan dan lafal-lafal dari hadist Rasulullah Sallallah Alaihi Wasallam yang biasa beliau amalkan dalam wiridnya. Zikir al ma’surat ini dibuat terpisah sebagai suplemen bonus yang didesain secara eksklusif sehingga kita akan merasa nyaman saat berdzikir.
  • DVD Tutorial Tajwid Metode Syabana
Metode Syabana merupakan metode belajar Al Quran milik  Syaamil Qur’an paling praktis dan aplikatif  yang ada saat ini.
Didalam DVD ini kita akan menemukan :
-          Bagaimana cara menghafal dan menguasai huruf hijaiyyah, Bagaimana cara melancarkan dan merangkai kata, dan bagaimana cara menguasai hukum tajwid dengan kode warna.

Subhaanallaah, benar-benar Miracle bukan? Jika disuguhi jamuan seperti ini, siapa yang tak ingin menikmatinya? Lagi dan lagi. Saya pikir, setiap keluarga muslim, harus memiliki al-Qur’an ini. Kita bisa mengkajinya bersama anggota keluarga, atau kita hayati di saat kita sedang sendiri, untuk menyuburkan ruhiyah kita dan sebagai jembatan untuk lebih dekat kepada Allah dengan memahami kalam cintaNya.

 

 

10 komentar:

  1. Komplit ya, teh. Miracle The Reference ini juga jadi referensi awal Efi bikin buku Asbabun Nuzul For Kids Keren banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. subhaanallaah, kereeen Teh Efi. Jadi pahala berantai yaa, kalo gitu. semoga :) sukses yaa dengan buku asbaabunuzul nya Teh. nuhun sudah mampir

      Hapus
  2. Teteh punya Miracle The Reference-nya udah lama ya. Kelihatan dari sampulnya. Alhamdulillah ya punya Qur'an itu. Saya juga merasakan manfaatnya.

    BalasHapus
  3. iya Teh Yas. punya saya udah lama bangeeet. subhaanallaah, punya al-quram ini, serasa punya pedoman yang bisa menjawab semua persoalan yaa

    BalasHapus
  4. Masya Allah... Jadi pengeeen punya Alquran ini <3

    BalasHapus
  5. Dek Izzah... betul Dek, Harus punya nih, buat Referens keluarga

    BalasHapus
  6. packaging nya keren dalemnya juga sungguh bermanfaat

    BalasHapus
  7. He..he... memang miracle Al Qur'an ini. Ayo mbak Izzah Annisa beli. Saya jual loh...! Maaf mbak Irma, numpang promo ya...!

    BalasHapus